Semut yang Saling Berbicara

Posted by Muchamad Sujarwanto Jumat, 28 Desember 2012 0 komentar

Komunikasi Suara Pada Semut

Dalam suatu kisah yang disampaikan dalam Al Quran, tentang Nabi Sulaiman dengan sekelompok semut yang diperlihatkan dapat berbicara satu sama lain.

"Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, "wahai semut-semut! masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak di injak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari". Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdo'a, "Ya Tuhanku, anugrahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhoi, dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang sholeh." (QS. An Naml : 18-19)

Fakta ini dinyatakan oleh Al Quran pada 1400 tahun yang lalu, dan dalam kesesuaian yang mengherankan antara Al Quran dan sains, sebuah majalah sains yang diterbitkan pada 6 Februari 2009 menyampaikan suatu penemuan baru yang diberi judul "Ratu Semut Membuat Komunikasi Suara Khusus". Hal ini sekali lagi membuktikan bahwa Al Quran berasal dari Tuhan Pencipta Semesta Alam, Allah SWT.

Penemuan itu menyatakan bahwa teknologi audio yang lebih maju lebih memudahkan para peniliti untuk mengamati bahwa secara rutin semut saling berbicara satu sama lain di sarangnya. Kebanyakan semut memiliki abdomens yang kasar dan mirip suatu "gitar" yang menjadikan mereka saling berkomunikasi melalui suara.

Menggunakan miniatur microphone dan speaker yang dimasukkan ke dalam sarang dengan hati-hati, pengamatan menunjukkan bahwa Ratu Semut dapat memberi intruksi pada semut pekerjanya. 

Penelitian dalam beberapa dekade telah menunjukkan bahwa semut dapat membuat sinyal alarm menggunakan suara, namun baru pada penelitian yang sekarang ini terlihat bahwa kemungkinan besar semut memiliki kosa kata yang lebih banyak sehingga memungkinkan mereka dapat saling "bicara".

Profesor Jeremy Thomas dari Universitas Oxford, mengatakan bahwa dengan perkembangan teknologi membuat penelitian lebih memungkinkan untuk merekam perilaku "bicara" semut. Dengan meletakkan miniatur speaker ke dalam sarang dan memutar rekaman "suara" dari Ratu Semut, para peneliti dapat "mengajak" para semut pekerja dalam posisi siaga.

"Ketika kami memutar rekaman suara Ratu semut, para semut pekerja menunjukkan perilaku protektif. Mereka akan berdiri tegap dengan antena yang aktif serta gigitan yang disiapkan. Sekali saja ada pengganggu, mereka akan menyerangnya", ujarnya.

"Yang terpenting dari penemuan ini adalah dengan suara yang berbeda-beda dari koloni dapat memunculkan reaksi yang berbeda pula. Kemampuan semut merubah suara yang berbeda dengan merubah ritme sesuai gesekan abdomen mereka".

Penemuan baru ini dan penemuan lainnya di bidang sains menjadi saksi dan bukti akan kekuasaan Allah SWT.

Segala Puji hanya milik Allah SWT, Tuhan Semesta Alam.

by:Chem. Gamal Abdel-Nasser




TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Semut yang Saling Berbicara
Ditulis oleh Muchamad Sujarwanto
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://quran-dan-science.blogspot.com/2012/12/semut-yang-saling-berbicara.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Original design by Bamz | Copyright of Quran dan Science.