Meluasnya Alam Semesta

Posted by Muchamad Sujarwanto Jumat, 28 Desember 2012 0 komentar

Meluasnya Alam Semesta

big bang

Di tahun 1929, di Observatorium California Mount Wilson, Astronom berkebangsaan Amerika, Edwin Hubble menghadirkan salah satu penemuan terbesar dalam sejarah astronomi. Ketika mengamati bintang-bintang dengan teleskop raksasa, ia mendapati cahaya dari bintang-bintang itu berubah ujung spektrumnya menjadi merah dan perubahan ini memperjelas bahwa itu merupakan bintang-bintang yang menjauh dari bumi.


Sebenarnya, teori ini telah ditemukan jauh sebelumnya. Adalah Albert Einstein, yang dianggap merupakan ilmuwan terbesar abad ke-20, telah menyimpulkan dalam teori fisikanya-setelah melalui perhitungan yang cermat-bahwa alam semesta itu dinamis dan tidak statis.

Alam semesta yang bertambah luas itu menunjukkan bahwa jika alam semesta dapat bergerak mundur dalam hal waktu, terbukti bahwa alam semesta berasal dari "titik tunggal". Perhitungan menunjukkan bahwa titik tunggal ini, yang mengandung pengertian semua zat atau materi yang ada di alam semesta, mempunyai "volume nol" dan "kerapatan yang tak terhingga". Alam semesta terjadi karena adanya ledakan dari titik tunggal yang bervolune nol ini. Ledakan luar biasa dahsyatnya yang disebut Ledakan Dahsyat (Big Bang) ini menandai dimulainya alam semesta.

Kenyataan ini, yang ditunjukkan dengan teori ledakan dahsyat, dinyatakan dalam Al Quran pada 14 abad yang lalu, ketika manusia memiliki pengetahuan yang amat terbatas tentang alam semesta,

"Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya." (QS. Al Anbiyaa': 30)

"Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan Kami dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa". (QS. Adz Dzariyaat: 47)



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Meluasnya Alam Semesta
Ditulis oleh Muchamad Sujarwanto
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://quran-dan-science.blogspot.com/2012/12/meluasnya-alam-semesta.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Original design by Bamz | Copyright of Quran dan Science.